........Selamat Hari Jadi Kab. Nunukan ke 13 tgl 12 Oktober 2012.......

Kamis, 16 Agustus 2012

Beras Tiruan Unibraw

Beras Tiruan Unibraw Siap Berlaga di Amerika

Rifa Nadia Nurfuadah
Rabu, 19 Mei 2010 10:43 wib
Foto: dok. Unbraw
Foto: dok. Unbraw
MALANG - Tim Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (Unibraw) akan berlaga di kompetisi teknologi pangan internasional Developing Solutions for Developing Countries di Amerika Serikat Juli mendatang.

Dalam kompetisi yang diadakan oleh Institute of Food Technologies (IFT) ini, tim FTP-Unibraw yang terdiri dari Anugerah Dany P mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian angkatan 2007, Fathy F Bahanan mahasiswa Jurusan Teknik Pertanian angkatan 2007, dan Danial Fathur R mahasiswa Jurusan Teknik Pertanian angkatan 2007, akan mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul "Fighting For Malnutrition in Indonesia By Production of Artificial Rice Based on Arrow Root and Cassava With Addition of Cowpea".

Anugerah, Fathy dan Danial, membuat beras tiruan dari umbi-umbian dan kacang-kacangan. "Tidak semua jenis kacang dan umbi bisa dimanfaatkan untuk membuat beras tiruan ini. Untuk kacang kami memakai kacang tunggak, sementara umbi kami menggunakan garut dan singkong," papar Anugerah kepada okezone, di Jakarta, Rabu (19/5/2010).

Kandungan gizi menjadi pertimbangan utama pemilihan ketiga bahan tersebut. Singkong dan kacang tunggak berturut-turut memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi. Sementara indeks glicemic yang rendah pada garut membuat beras tiruan ini bagus untuk penderita diabetes mellitus.

Bahan tambahan pangan (BTP) yang dimanfaatkan dalam pembuatan beras tiruan ini adalah karagenan yang berfungsi sebagai pengikat, dan sorbitol sebagai pemanis yang mampu menyerap energi. Tahapan produksi dimulai dengan proses penepungan. Setelah menjadi tepung, ketiga bahan tadi dicampur dan digranulasi, setelah itu dikeringkan.

"Untuk mengkonsumsi produk ini, konsumen perlu rehidrasi/menuangkan air," jelas Danial.

Beras tiruan ini memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi dibandingkan beras biasa. Karena seratnya lebih halus, maka beras tiruan ini juga lebih mudah dicerna dan difermentasi tubuh. Karena keunggulannya itulah, tim FTP-Unibraw ini berencana menjadikan beras tiruan mereka menjadi alternatif solusi untuk mengatasi malnutrisi di Indonesia.

Cita-cita mereka sesuai dengan tema yang diangkat dalam kompetisi tahun ini yaitu "Provide Sustainable, Nutritional and Affordable Food for Family with Small Children". Di ajang tahunan yang akan dihelat di Chicago, Illinois, Amerika Serikat ini Anugerah, Fathy, dan Danial akan bertarung dengan dengan lima tim finalis lainnya. Tiga finalis berasal dari Amerika Serikat, sementara tiga finalis lainnya berasal dari luar Amerika Serikat.

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2010/05/19/373/334099/beras-tiruan-unibraw-siap-berlaga-di-amerika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar